Jenis Sakit Pinggang

Jenis Sakit Pinggang – Jenis sakit pinggang lebih dari satu macam. Sakit pinggang penyakit ginjal berbeda rasanya dengan sakit pinggang saraf. Sakit pinggang saraf juga tak sama dengan sakit pinggang sebab pikiran. Berbeda-beda juga jenis dari sakit pinggang keluhan yang lebih dari satu penyebabnya. Berbeda sebab tulang keropos dengan sakit pinggang sebab tumor, akibat penyebaran kanker, atau sakit pinggang sebab rematik.

Rasa nyeri pada tiap jenis sakit pinggang berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Ada rasa nyeri setempat, pasien dengan tepat menunjukkan dimana lokasi nyerinya. Ada juga nyeri kiriman atau referred pain. Artinya penyakit sebetulnya di perut namun nyerinya di pinggang.

Jenis Sakit Pinggang

Jenis Sakit Pinggang

Jenis – Jenis Sakit Pinggang

Jenis sakit pada pinggang lain, nyeri menjalar atau radicular pain. Rasa nyeri tidak hanya di s atu titik saja melainkan menjalar sampai ke bagian tubuh yang lebih jauh. Dan nyeri sakit pinggang lain timbul sebagai nyeri sebab peregangan otot.

Paling sering sakit pinggang sebab kesalahan dalam sikap maupun posisi tubuh, dapat menimbulkan keluhan sakit pinggang. Sama seringnya dengan akibat trauma terpeleset, terkilir, terbentur, retak atau patah ruas tulang belakang.

Berdasarkan lamanya, sakit pinggang dapat terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu sakit pinggang jangka pendek atau akut yang pada umumnya sakit pinggang ini dapat berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu lamanya. Kategori yang kedua adalah sakit pinggang kronis yang dapat berlangsung dalam hitungan bulan, bahkan ada juga yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan. Berikut ini ada beberapa jenis sakit pinggang antara lain :

1. Sakit  Pinggang Non Spesifik

Nyeri pinggang non spesifik yang mempengaruhi hampir dari 85% penyebab dari nyeri pinggang. Nyeri pinggang jenis ini biasanya disebabkan dari adanya rasa kram. Gejala dari jenis sakit pada pinggang ini adalah rasa nyeri pada pinggang yang datang dengan tiba-tiba pada saat anda sedang melakukanpekerjaan berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk anda yang ingin mengatasi jenis sakit pinggang ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat analgesik, beristirahat atau dengan mengompres bagian pinggang yang nyeri dengan menggunakan air hangat.

2. Sakit Pinggang Akibat Tumor

Sakit pinggang yang diakibatkan dari adanya penyakit tumor ganas. Nyeri pinggang jenis ini merupakan salah satu jenis dari sakit pinggang yang paling berat dan biasanya bersumber dari serangan keganasan tumor pada tempat lainnya. Misalnya sakit pinggang ini dapat timbul karena adanya penyakit tumor prostat, tumor payudara, dan tumor lainnya yang ada di dalam tubuh. Untuk kasus sakit pinggang jenis ini anda perlu selalu berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda.

3. Sakit Pinggang Hernia Nucleus Pulposus

Sakit pinggang hernia nucleus pulposus (HNP) yang sering kali menimbulkan rasa nyeri yang menjalar sampai bagian tungkai kaki anda. Untuk memastikan apakah rasa nyeri yang menyerang anda marupakan jenis sakit pinggang HNP diperlukan diagnosis MRI. Sementara cara yang dapat anda lakukan untuk meredakan rasa sakit pinggang yang anda rasakan adalah dengan beristirahat, konsumsi obat analgesik, atau melakukan fisioterapi. Langkah operasi dapat juga anda tenpuh apabila salah satu atau kombinasi dari pengobatan yang anda lakukan tidak membuahkan hasil yang baik dalah arti rasa sakit pada pinggang anda bukan sembuh atau membaik namun justru malah bertambah parah.

4. Sakit Pinggang Akibat Osteoporosis

Jenis sakit pinggang yang disebabkan oleh osteoporosis. Jenis yang satu ini mengakibatkan tulang anda gampang gopeng dan patah atau rapuh. Kebanyakan sakit pinggang akibat osteoporosis ini dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa monopouse, peminum alkohol, orang yang merokok, orang yang jarang melakukan olahraga, dan mereka yang termasuk pengguna obat steroid dalam jangka waktu yang lama. Untuk mencegah dapatnya sakit pinggang jenis ini, maka usahakan untuk anda selalu melakukan pemeriksaan kepadatan tulang anda secara rutin, terutama para wanita atau kaum lansia.

5. Sakit Pinggang Psikogenik

Jenis sakit pinggang yang terakhir adalah sakit pinggang psikogenik yang dapat dijumpai pada penderita kecemasan atau depresi. Biasanya jenis ini terjadi karena pemeriksaan yang sering kali tidak sesuai dengan gejala yang dirasakan sehingga menimbulkan penyakit pinggang ini terus menyerang anda selama berbulan-bulan dan berubah menjadi sakit pinggang kronis.

Pengobatan Jenis Sakit Pinggang

Pengobatan sakit pinggang selain dengan menggunakan cara medis anda juga dapat menggunakan ramuan tradisional. Ramuan yang dapat anda gunakan anda gunakan untuk mengatasi sakit pinggang yang anda alami seperti :

  •  Siapkan bahan bahan untuk membuat ramuan obat sakit pinggang 10 butir angco, 15 gram akar bawang merah segar, 1 – 3 buah sun boi/kiam boi, 25 gram jahe merah segar. Cara pembuatan ramuan ini adalah dengan mencuci bersih semua bahan yang sudah anda siapkan kemudian bahan tersebut direbus dengan 600 cc air hingga mendidih dan airnya tersisa 300 cc. Setelah ramuan matang airnya disaring, dan diminum hangat-hangat. Lakukan pengobatan dengan ramuan ini secara teratur hingga sakit pinggang anda membaik.
  • Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat ramuan obat untuk sakit pinggang anda seperti, 100 gram buah takokak,  10 gram adas, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar. Cara pembuatan ramuan adalah dengan mencuci bersih semua bahan yang sudah anda sediakan dan direbus dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc, airnya disaring, lalu diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Sakit Pinggang dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Pinggang and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *