Nyeri Pinggang Kronik

Banyak anggapan pengobatan nyeri pinggang terutama nyeri pinggang kronik harus dilakukan dengan jalan bedah yang berbuah luka sayatan besar, banyak pendarahan dan perlu istirahat selama berminggu-minggu. Karena alasan ini orang lebih memilih membiarkan rasa nyeri mereka. Padahal selain mengganggu aktivitas sehari-hari turunnya produktivitas pun juga mengancam akibat nyeri berkepanjangan.

Hampir semua orang pernah mengalami nyeri pinggang. Sayangnya nyeri pinggang seringkali diabaikan karena dianggap hal biasa. Padahal selain mengganggu aktifitas sehari-hari, nyeri pinggang jika dibiarkan juga akan berdampak pada turunnya produktifitas seseorang. Padahal nyeri pinggang bisa diobati.

Penyebab Nyeri Pinggang Kronik

Nyeri pinggang merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Nyeri pinggang bisa disebabkan banyak hal, sayangnya banyak orang mengabaikan nyeri pinggang yang serius karena dianggap sebagai nyeri biasa akibat melakukan aktifitas sehari-hari dan akan menghilang dalam waktu tertentu. Padahal selain di picu karena adanya aktifitas fisik, seperti pekerjaan berat atau jarang olahraga, nyeri pingang juga bisa disebabkan obesitas dan gaya hidup yang tidak sehat.

Nyeri pinggang juga terjadi akibat merokok. Hanya saha hubungannya belum diketahui. Nyeri pinggang bisa terjadi didaerah lumbal ataupun non lumbal. Hanya saja nyeri pinggang lebih rentan terjadi didaerah lumbal, yaitu bagian bawah punggung. Nyeri ini berkaitan dengan tulang, saraf, sendi dan bantalan seperti peregangan tulang pinggang, peradangan pada sendi atau iritasi saraf karena pergerseran mekanis.

Daerah lumbal terdiri dari 5 tulang kecil karena daerah itu paling elastis dan menyangga berat badan atas manusia serta beban yang dibawa seseorang. Besarnya beban yang dterima bantalan lumbal tergantung pada posisi tubuh, misalnya berdiri duduk, atau tidur. Selama ini banyak orang tidak menyadari duduk terlalu lama bisa menyebabkan nyeri pinggang. Duduk dianggap posisi istirahat yang lebih baik dari pada berdiri. Padahal justru berdiri merupakan kondisi yang tidak terlalu memberikan beban bantalan umbal dibanding posisi duduk.

Beban yang diterima bantalan lumbal pada saat duduk tegak adalah 150 kg, sedangkan saat berdiri hanya 100 kg. Berbeda lagi dengan posisi tidur miring yang memberikan beban bantalan lumbal 3 kali lebih tinggi di bandingkan posisis tidur telentang.

Untuk anda para wanita penggunaan bra yang tidak sesuai juga dapat menjadi salah satu penyebab dari timbulnya penyakit nyeri pinggang kronik. Anda perlu memilih bra yang sekiranya sesuai dengan anda yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kencang pula. Akan lebih baik lagi jika anda tidak menggunakan bra saat tidur di malam hari untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh anda.

Penyebab lain dari nyeri pinggang kronik ini adalah karena anda terlalu sering menggunakan sepatu dengan hal yang terlalu tinggi. Karena dalam keadaan yang normal tulang belakang anda tepatnya di daerah pinggang memiliki  lengkungan ke depan, dimana bila lengkungan tersebut terlalu berlebihan atau terlalu ke depan, maka akan menimbulkan gejala sakit pinggang kronik.

Gejala Nyeri Pinggang Kronik

Gejala dari sakit pinggang sebelah kanan yang mungkin dirasakan oleh penderita seperti :

  • Pinggang yang terasa pegal dan juga sakit.
  • Air urine terlihat lebih keruh dari sebelumnya.
  • Jika kaki ditekuk maka pinggang anda akan terasa sakit.
  • Serta yang terakhir adalah ditandai dengan menurunnya nafsu makan

Apabila anda sudah memiliki gejala seperti yang tertera diatas ada baiknya anda segera mengobatinya sebelum penyakiy sakit pinggang yang and alami menjadi semakin parah.

Pengobatan Nyeri Pinggang Kronik

Cara untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan adalah dengan memantau tingkat keparahan yang ada, perubahan intensitas nyeri, dan durasi dari nyeri yang dialami.

Setiap pola siklus rasa sakit yang muncul harus selalu diamati dan dicatat. Apakah tindakan yang anda lakukan seperti mengkonsumsi makanan, bersin, duduk untuk waktu yang lama, atau fungsi dari usus yang dapat menyebabkan sara sakit juga harus diamati. Sebuah penjelasan yang baik dari dokter yang sudah ahli di bidangnya akan membantu anda membuat diagnosis yang tepat yang berguna untuk menentukan resep yang akan diberikan untuk anda. Tergantung dari pronogsis yang telah dilakukan dari kondisi anda, berbagai obat resep akan diberikan oleh dokter yang merawat anda. Hal tersebut juga mungkin bahwa gaya hidup tertentu dan perubahan pola makan disarankan untuk kondisi sakit pinggang tertentu seperti sembelit atau batu ginjal.

Sakit pinggang kronis bisa dicegah dengan berbagai cara yang dapat anda lakukan, terutama dengan menerapkan pola gaya hidup yang sehat. Berhenti merokok, memperhatikan kadar kolesterol dalam darah anda, kendalikan berat badan anda agar tidak terlalu berat, menghindari kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dengan cara cukup minum air putih tidak lebih dari 2 liter setiap hari. “Minum air secara berlebihan justru akan merusak ginjal,” kata seorang dokter dari RSCM Jakarta.

Selain gaya hidup anda yang sehat sudah anda terapkan, lakukan juga pemeriksaan kesehatan tahunan pada dokter yang merawat anda, mintalah pula agar urin Anda diperiksa untuk melihat adanya darah atau protein dalam urin. Yang tak kalah penting, anda harus selalu berhati-hatilah dalam menggunakan obat anti nyeri yang anda dapatkan khususnya jenis obat anti inflamasi non steroid.

Nyeri Pinggang Kronik


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Sakit Pinggang dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Pinggang and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *