Nyeri Pinggang, Leher dan Bahu

Nyeri pinggang, leher dan bahu adalah masalah yang sangat sering terjadi. Pada cara lama, istirahat memrupakan pengobatan standar. tetapi sekarang strategi penanganan masalah otot dan sendi adalah dengan pendekatan akrif berdasarkan latihan-latihan yang terarah (rehabilitasi aktif) dan terbukti mengurangi nyeri serta mengembalikan fungsi kegiatan sehari-hari.

Fokus dan fisioterapi dan rehabilitasi kini adalah mengembalikan fungsi dan memperbaiki kualitas hidup, tidak hanya sekedar memperbaiki struktur yang mengalami kelemahan. Oleh karena itu sendi-sendi terutama tulang belakang bila mengalami nyeri, harus segera di dipulihkan setelah diberi obat-obatan atau perawatan untuk mengurangi nyeri, yaitu dengan melakukan latihan-latihan secara nertahap dan teratur (rehabilitasi aktif) untuk memulihkan fungsi sendi tersebut.

Penyebab Nyeri Pinggang, Leher dan Bahu

Penyebab dari penyakit leher yang anda rasakan adalah jinak, hal ini yang bisa membuat anda sangat melumpuhkan. Oleh karena itu anda tidak boleh meremahkan nyeri otot dari leher karena terkilirnya otot lokal yang dapat menyebae hingga bahu, lengan, dan bahkan jari anda. Terkadang rasa yang muncul pada diri anda mirip dengan nyeri dada atau nyeri pada bahu. Jika anda sudah merasakan nyeri yang tak tertahankan, hubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

Penanganan Nyeri Pinggang

Beberapa gerakan yang dapat anda lakukan untuk mengurangi nyeri yang anda rasakan adalah :

  1. Miringkan Kepala

Cara ini cukup sederhana, anda hanya perlu memiringkan kepala ke kanan. Jatuhkan telinga kanan anda ke bahu kanan. Apabila sudah mencapai titik maksimal sesuai kemampuan anda kemudian lakukan gerakan yang sama di sisi berikutnya atau sisi kiri. Ulang gerakan ini masing-masing 5 kali namun tidah perlu lama-lama.

  1. Angkat Bahu

Langkah berikutnya anda perlu mengangkat kedua bahu anda. Sampil menarik nafas angkatlah bahu anda sampai mendekati telinga kurang lebih selama 3 detik. Setelah itu buang napas anda sambil menjatuhkan bahu. Ulangi hal yang sama sebanyak kurang lebih 5 kali untuk meringankan rasa nyeri pinggang, leher dan bahu yang anda rasakan.

  1. Renggangkan Dada

Cara ketiga ini anda perlu meletakkan tangan di pinggang kemudian ambil nafas dalam-dalam. Keluarkan nafas secara perlahan, tundukkan kepala anda hingga dagu dapat menyentuh dada atas. Pada saat yang bersamaan, katupkan tulang belikat (bagian belakang) sehingga dada anda menjadi tertarik dan merenggang.

  1. Menangguk

Tundukkan dagu anda ke dad secara perlahan selama kurang lebih 3 detik. Pastikan hanya leher anda yang bergerak, anda tidak perlu melibatkan punggung bagian atas anda untuk melakukan gerakan ini. Setelah itu tegakkan lagi kepala anda, kemudian dongakkan hingga otot-otot di area kerongkongan tertarik. Kalukan gerakan ini paling tidak sebanyak lima kali untuk mengatasi sakit pinggang yang anda rasakan namun tidak perlu lama-lama.

  1. Pijat Sendiri.

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan memijat sendiri bahu yang sakit. Letakkan tangan kiri di bahu kanan, kemudian miringkan kepala anda ke kiri. Pijat bagu anda secara ringan di titik-titik yang terasa nyeri, lakukan secara perlahan-lahan. Jika anda sudah merasa nyaman dengan pijatan yang anda lakukan ulangi gerakan ini pada ini lainnya.

Gejala Nyeri Pinggang, Leher dan Bahu

  1. Sakit kepala cervicogenic atau sakit kepala tertentu yang berhubungan dengan nyeri pada leher yang anda rasakan. Rasa sakit ini muncul secara spontan, kadang begitu kuat hingga membangunkan penderita saat ia tidur. Rasa sakit akibat dari nyeri leher ini terasa tajam dengan masing-masing durasi yang berlangsungdari beberapa menit bahkan hingga beberapa jam. Hal seperti ini dapat disertai juga dengan rsa kebas di bahi ataupun tangan.
  2. Gejala nyeri miofasial yang sering kali, pasien ini memiliki banyak titik picu lemah yang terletak di atas bahu mereka, leher dan punggung atas, di antara skapula mereka dan menyebabkan lengan lemah. Jenis rasa sakit ini dapat dihilangkan dengan melakukan pijatan atau akupresur untuk periode waktu yang singkat. Nyeri ini mungkin dipicu oleh stres.
  3. Tonjolan diskus serviks yang terjadi karena diskus yang terselip di daerah leher dapat menyebabkan Nyeri Pinggang, Leher dan Bahu yang terjadi pada leher anda dalam waktu yang berkepanjangan dengan kekakuan yang konstan di sekitar leher dan otot bahu. Nyeri ini bisa menyebar ke bahu atau lengan. Bergantung pada derajat tonjolan, ruas tulang belakang dapat dipersempit ke berbagai tingkat dan dapat memberikan rasa kebas dan kelemahan pada tangan penderita.
  4. Nyeri Pinggang, Leher dan Bahu juga dapat terjadi akibat efek stress yang terjadi pada penderita yang bergegas untuk memenuhi tenggat waktu, tanpa disadari oleh penderita, otot-otot pada leher akan menegang dan leher akan mendedek sehingga dapat menyebabkan sendi pada leher tertekan. Sebuah studi menunjukkan bahwa stress yang dialami dapat mengurangi pernafasan seseorang, mengurasi oksigenasi untuk sejumlah otot tertentu yang ada dalam tubuh anda.
  5. Rheumatoid arthritis adalah gangguan sistemik yang terjadi pada seseorang yang melibatkan kondisi inflamasi poly arthritis, serta melibatkan pula tangan dan kaki atau nyeri leher penderita.
  6. Fibromyalgia atau nyeri pinggang, leher dan bahu yang secara umum melibatkan leher, pinggang bawah, bahu, bokong, dan anggota gerak lainnya. Ada sering keterlibatan kelelahan yang parah, nyeri perut, atau tekanan psikologis. Penderita nyeri ini mungkin akan mengalami kekakuan pada sendi di tangan, kaki, dan leher pada pagi hari

Nyeri Pinggang, Leher dan Bahu


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Sakit Pinggang dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Pinggang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>