Pengobatan Nyeri Pinggang

Pengobatan Nyeri Pinggang dapat dilakukan dengan menggunakan cara medis, ramuan tradisional ataupun latian fisik. Untuk menegakkan diagnosis serangkaian pemeriksaan akan dilakukan, antara lain melalui wawancara dengan pasien, pemeriksaan fisik, pemeriksaan radiologi, berupa X-Ray, CT-scan dan MRI. Kabar baiknya penanganan nyeri pinggang tidak ha4rus dengan operasi. Pengobatan bisa dilakukan dengan menggunakan obat antiinflamasi dan pain killer atau fisioterapi dengan ultrasound dan UKG. Termasuk physical treatmebr seperti manipulasi otot dan pemijatan.

Pada kasus nyeri pinggang ringan, penderita bisa melakukan olahraga renang, yoga atau pilates dengan konsentrasi diarea tulang belakang, menggunakan korset secara tepat atau dengan menjalani hidup sehat sebagai salah satu cara Pengobatan Nyeri Pinggang.

Sedangkan tindakan medis pilihan bagi pasien nyeri pinggang kronikm adalah suntikan yang dikenal dengan Selective Nerve Root Block dan suntikan Epidural Steroid. Kedua metodeini adalah sebagai tindakan medis non operatif. Selective Nerve Root Block mendeteksi sumber rasa sakit dan juga sebagai terapi untuk mengurangi nyeri pinggang serta perawatan lebih lanjut untuk lateral disc herniation. Sementara suntikan Epidural Steroid merupakan suntikan steroid kedaerah epidural untuk mengendalikan nyeri punggung.

Pengobatan Nyeri Pinggang

Prosedure operasi baru akan dilakukan pada penanganan nyeri pinggang dengan kasus berat dan mengganggu kualitas hidup seseotang. Ini merupakan sebagai upaya penyembuhan.

Jika operasi sebelkumnya dilakukan dengan pembedahan secara konvensional dengan sayatan lebar. maka saat ini iperasi penanganan nyeri pinggang sudah bisa dilakukan dengan metode minimal invasive, yaitu melalui Micro Discectomy per Endoscopy (MDE).

MDE adalah tindakan bedah pada kelainan dengan penekanan saraf tulang belakang dengan menggunakan kamera degan sayatan mminimal 1-1,5 cm. Salah satu metode MDE adalah sistem Endospine dimana sayatan dilakukan lebih kecil dengan pendarah operasi minimal dan hanya membutuhkan perawatan pasca operasi singkat, yaitu satu hari.

Pengobatan Nyeri Pinggang yang dilakukan dengan ramuan tradisional adalah pengobatan yang diberikan pada penderita sakit pinggang dengan ramuan yang dibuat sendiri di rumah dengan bahan yang alami yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Pengobatan ini dapat dilakukan dengan :

1. Daun Dewa

Kandungan yang terdapat di dalam daun dewa ini adalah minyak atsiri, saponin, dan ada juga senyawa dari flavanoid di dalam daun dewa ini. Bahan- bahan yang dapat digunakan sebagai campuran dari daun dewa untuk pengobatan nyeri pinggang antara lain daun baru cina, temulawak, dan air bersih. Cara pembuatan ramuan : cuci bersih semua bahan yang sudah anda sediakan. Campurkan semua bahan menjadi satu dan rebus dengan menggunakan 500 ml air bersih. Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya. Setelah matang angkat ramuan dan saring airnya kemudian berikan pada penderita sakit pinggang selagi masih hangat. Berikan ramuan ini secara rutin dan teratur hingga sakit pinggang yang anda rasakan semakin lama semakin ringan.

2. Akar Ilalang

Untuk mengolah akar ilalang menjadi ramuan yang dapat anda gunakan untuk pengobatan nyeri sakit pinggang yaitu dengan mengambil akar ilalang secukupnya, lalu anda rebus dalah air hingga mendidih kemudian air rebusan tersebut dapan anda minum setelah dingin. Lakukan meminum ramuan ini hingga sakit pinggang anda membaik.

3. Jahe Merah

Jahe merah adalah salah satu obat herbal yang dipercaya sebagai pengobatan nyeri pinggang yang anda rasakan. Jame merah memiliki kandungan senyawa kimia yang berkhasiat, seperti zengeron, gongerol, dan shogaol. Bahan bahan pelengkap yang akan digunakan untuk pembuatan ramuan ini adalah temulawak, daun dewa, akar sawi langir, dan air bersih. Cara pembuatan ramuan yaitu bersihkan semua bahan yang sudah anda sediakan kemudian rebus ke dalam air bersih sebanyak 600 ml. Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya saja. Saring air dari ramuan tersebut dan minum secara teratur.

Selain dengan ramuan tradisional di atas pengobatan nyeri pinggang juga dapat dilakukan dengan latihan fisik. Latihan fisik ini hanya dapat dilakukan oleh penderita sakit pinggang yang masih ringan.

Pada latihan satu ini langkah awal yang dapat anda lakukan adalah anda harus berbaring terlentang dengan kedua lengan diatas kepala dan kedua lutut digengkokkan. Langkah kedua selanjutnya anda dapat memulai gerakan latihan anda dengan menggerakkan satu lutut anda ke arah dada dengan kaki yang satunya mulai diluruskan. Langkah ketiga anda harus kembali pada posisi awal anda dimana kedua lutut anda dibengkokkan. Dan langkah terakhir anda harus melakukan gerakan yang sama dengan kaki yang sebelahnya.

Latihan dua dari Pengobatan Nyeri Pinggang, langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan berbaring terlentang menggunakan bantuan bantal kecil yang diletakkan di bawah kepala anda, kemudian dengan kedua lengan diletakkan pada dua sisi yang berbeda dan dengan kedua luut anda membengkok. Langkah kedua anda harus memeluk kedua lutut anda dengan mendekatkannya ke arah dada dan dengan kedua tangan menarik kedua lutut ke arah dada. Langkah ketiga anda harus menahan posisi anda tersebut hingga hitungan ke sepuluh, jaga kedua lutut anda bersama dan bahu anda memdatar pada alas tidur yang anda gunakan. Lakukan gerakan yang sama dan ulangi tarikan dan gerakan menahan sebanyak 3 kali.

Pengobatan Nyeri Pinggang


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Sakit Pinggang dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Pinggang and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>