Sakit Pinggang Saat Hamil

sakit pinggang saat hamilSakit pinggang saat hamil biasanya terjadi karena adanya peregangan tulang-tulang, terutama di daerah pinggang yang sesuai dengan bertambah besarnya kehamilan. Sakit pinggang sering terjadi karena titik berat dan keseimbangan ibu berubah dari kondisi semula (sebelum hamil). Saat hamil sang ibu harus menyangga beban tambahan di bagian perut depan sehingga pinggang harus menjadi penopang dan titik berat mulai condong ke depan. Terlalu lala menanggung kecondongan titik berat ini menimbulkan rasa lelah dan akhirnya sakit.

Sakit pinggang yang hilang timbul. Sakit ini sering disertai dengan perasaan tidak enak atau gelisah, ketidakmampyan untuk merasa nyaman pada posisi apapun dalam waktu lama. Sakitnya berbeda dengan sakit akibat postur tubuh yang dialami kebanyakan wanita hamul sesudah berdiri atau duduk untuk waktu lama.

Sakit Pinggang Saat Hamil

Sakitnya mirip sakit pinggang yang dialami sebelum menstruasi. Sakit pinggang yang menggelisahkan ini dapat hilang timbul dalam beberapa hari sebelum atau bersama dengan munculnya tanda persalinan lainnya. Jika sakit pinggang ini adalah gejala satu-satunya yang Anda rasakan, jangan girang dulu, karena keadaan ini saja tidak cukup untuk membentuk persalinan atau prapersalinan.

Sakit pinggang yang serimg dialami ibu dalam masa kehamilan ketika kehamilan memasuki trisemester ketiga dengan rasa nyeri yang sering muncul terutama di punggung, belakang pinggang, panggul hingga ke bagian kaki.

Meningkatnya produksi hormon saat hamil terutama hormon estrogen yang semakin meningkat selama hamil, kenaikan hormon estrogen ini akan mempengaruhi pinggang terlebih ketika memasuki usia 7 bulan bagian jaringan otot dan persendian akan mengalami perkembangan dan menjadi lebih lentur.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Untuk mengatasi sakit pinggang yang dirasakan oleh wanita hamil, wanita hamil dilarang mengangkat barang dan menbungkuk terlalu lama. untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman, miringkan posisi tubuh ke kiri atau ke kanan. Jika rasa sakit tidak hilang, periksalah ke dokter untuk mengetahui apakah ada kelainan pada tulang.

Untuk mensiasati agar sakit pinggang tidak berpengaruh langsung pada kehamilan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari dapat melakukan suatu upaya seperti :

1. Duduk dengan posisi yang sekiranya dapat membuat Anda nyaman, bila perlu tambahkan bantalan pada kursi. Letakkan bantal yang cukup empuk di bagian belakang pinggang agar psotur badan ketika duduk tidak terlalu membungkuk.

2. Jangan berdiri terlalu lama, karena otot dan sendi kaki akan mengalami keletihan dan pinggang akan semakin nyeri.

3. Jika terjadi perengangan pada pinggang yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri, kompres dengan air hangat, atau dipijat lembut dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak urut.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi sakit pinggang saat hamil yang anda rasakan adalah dengan :

  • Gunakan sepatu yang tepat dengan tumit yang rendah dan lengkungan yang baik.
  • Mengangkat atau mengambil sesuatu dari jangan membengkokkan pinggang anda melainkan anda harus berjongkok untuk mengurangi rasa sakit pinggang anda.
  • Ibu hamil yang tidur dengan posisi miring atau dengan kedua lutut ditekuk adalah cara yang baik untuk anda menghindari sedikit gejala dari sakit pinggang. Dengan anda menaruh bantal di bawah tekukan lutut dan perut juga akan membantu.
  • Gunakan bantal pemanas yang diletakkan pada punggung atau es pack dengan cara bergantian degan panas. Menggosok pinggang anda juga mungkin bisa membantu anda mengatasi sakit pinggang anda.
  • Aktifitas fisik yang teratur dapat menjaga tubuh anda menjadi kuat dan dapat meredakan sakit pinggang saat hamil. Dengan menggunakan izin dokter, coba untuk melakukan kegiatan seperti jalan kaki atau berenang.

Meskipun pada saat masa kehamilan sakit pinggang yang dirasakan adalah hal yang wajar, namun hal tersebut juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Konsultasikan dengan dokter jika anda merasakan sakit pinggang saat hamil yang tidak berkurang setelah anda mencoba cara yang sudah kita bahas diatas. Pemberian obat seperti acetaminophen mungkin tidak terlalu diperlukan untuk ibu hamil, namun yang penting adalah periksaan kondisi anda terlebih dahulu pada dokter kehamilan anda.

Selain itu anda juga harus tahu bahwa sakit pinggang saat hamil dapt menjadi pertanda sebelum melahirkan. Sakit pinggang yang hebat atau sakit pinggang yang disertai dengan adanya pendarahan vagina dapat mengindikasikan adalah masalah pokok yang membutuhkan perhatian yang cepat dari orang sekitar. Apabila anda adalah salah satu ibu yang perduli dengan sakit pinggang saat hamil segeralah mengambil tindakan dengan menghubungi dokter anda.

Pantangan Bagi Orang Hamil.

Untuk anda yang sedang mengalami masa kehamilan ada baiknya anda menghindari beberapa hal yang dapat menjadi pemicu sakit pinggang seperti :

1. Menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi karena dapat menyebabkan peregangan otot di daerah pinggang. Selain itu sepatu dengan hak tinggi juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh anda, terutama pada saat kehamilan yang mulai membesar. Hal tersebut dapat menimbulkan ibu hamil beresiko untuk jatuh.

2. Mengkonsumsi obat tanpa petunjuk dokter. Obat yang anda konsumsi saat hamil dapat masuk ke dalam plasenta dan sirkulasi hamil. Oleh karena itu setiap jenis obat atau jamu yang akan dikonsumsi lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter anda.

Sakit Pinggang Saat Hamil


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Sakit Pinggang dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Pinggang and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>